Sulitkah Merawat Lantai Dari Kayu?

Memiliki lantai kayu memang akan membuat rumah menjadi terasa asri. Kesan alami juga akan menjadi ciri khas dari penggunaan lantai kayu. Saat ini, penggunaan lantai kayu dalam design interior banyak diminati.

Secara umum perawatan lantai kayu ini hampir sama dengan membersihkan lantai keramik atau bahan lainnya. Menyapu dan pel lantai secara teratur akan dapat membersihkan kotoran. Namun untuk lantai kayu ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena bahan kayu lebih sensitif terhadap goresan atau benda lain yang dapat merusak tekstur permukaan.
Alat yang digunakan

Pilihlah sapu dengan bulu yang lebih lembut agar tidak menimbulkan goresan saat menyapu. Ketika akan mengepel lantai, gunakan kain yang halus, dan akan lebih baik jika memilih pel berbahan microfiber. kayu batam debu lantai juga dapat dilakukan menggunakan penyedot debu.
Cara membersihkan

Ketika akan mengepel, peraslah kain hingga tidak air yang menetes. Gerakan kain pel memutar ke seluruh permukaan lantai dengan perlahan. Jika perlu, kita dapat menggunakan air hangat dan memberikan cairan pembersih lantai. Gunakanlah kain pel kering untuk memastikan keadaan lantai benar benar kering untuk menghindari lembab.
Menghilangkan noda

Lantai yang terkena kotoran harus segera dibersihkan agar tidak membekas. Cara membersihkan noda akan disesuaikan dengan jenis kotoran yang menempel. Jika berupa cairan, kita dapat gunakan lap biasa. Namun jika noda membandel, tentu membutuhkan bahan atau alat lain untuk menghilangkannya.
1. Sabun
Digunakan untuk membersihkan kotoran seperti tanah, lumpur, tinta, tumpahan kopi, saus atau noda lainnya. Caranya dengan mencampur sabun ini ke dalam air ember ketika akan mengepel.
2. Cuka
Bahan ini dapat digunakan ketika menemukan noda yang benar-benar membandel. Campurkan cuka ke dalam air lalu gosoklah noda dengan perlahan hingga hilang. Hindari penggunaan cuka terlalu sering, karena akan memudarkan warna lantai dengan zat asam yang dikandungnya.
3. Teh
Selain ampuh menghilangkan noda, teh juga dapat membantu menjaga warna alami lantai kayu. Campur larutan teh ke dalam air ketika akan mengepel dengan rutin, maka lantai kayu akan tetap memiliki warna alami yang indah.
4. Es
Jika terdapat noda lemak di atas permukaan lantai, sebaiknya bekukanlah terlebih dahulu dengan air es. Ketika noda lemak mengering lalu bersihkan dengan mengangkat lemak beku dan melapnya hingga bersih.
5. Minyak zaitun
Lantai kayu akan semakin terlihat indah ketika dalam keadaan mengkilat. Minyak zaitun yang dicampur dalam air pada saat mengepel akan membuat lantai terlihat lebih mengkilap. Lakukan dengan teratur sehingga hasilnya akan semakin baik.

Tak perlu merasa sulit ketika membersihkan lantai kayu. Membersihkan lantai kayu dengan teratur akan membuat lantai semakin bersih dan bagus. Kondisi kayu pun akan terawat sehingga akan bertahan lama. Namun pastikanlah memilih bahan lantai dari kayu yang berkualitas. Toko kami merupakan salah satu penyedia lantai kayu di Batam. Dapatkan koleksi terbaik dengan harga berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *